BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Tidak dapat dipungkiri bahwa yang turut menentukan
sikap, mental, perilaku, kepribadian dan kecerdasan anak adalah pendidikan,
pengalaman dan latihan-latihan yang diberikan dan dialami serta dilalui mereka sejak
kecil. Jika diijinkan saya mengutip sebuah kalimat indah atau kata bijak yang
dikemukakan oleh Carla Rinaldi dalam 30 Kiat Mencetak Anak Kreatif Mandiri
(2006.5), “Kesuksesan dalam pendidikan anak sejak dini bergantung pada apakah
pendidikan itu dapat berhubungan dengan lingkungan belajar di rumah dan di
sekolah. Hal itu di dasarkan pada interaksi dan komunikasi antara anak,
guru dan orang tua”. Kalimat di atas saya hubungkan dengan kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi peserta didik, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan peserta didiknya, artinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana.
guru dan orang tua”. Kalimat di atas saya hubungkan dengan kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi peserta didik, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan peserta didiknya, artinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar