Jumat, 29 April 2011

ipa kelas V


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Pembelajaran merupakan suatu system membelajarkan siswa yang direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara efektif dan efisien.Pada tahap pelaksanaan pembelajaran ini, struktur pembelajaran diwujudkan dengan metode yang tepat, dengan memberikan motivasi dan bimbingan. Pembelajaran merupakan bagian atau elemen yang memiliki peran sangat dominan untuk mewujudkan kualitas baik proses maupun lulusan (output) pendidikan (Muchtit, M. Saekhan, 2007:1). Menurut Gagne (1997) dalam widodo, Gatot Parasid Nugroho (2004:1), belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang meliputi perubahan kecenderungan manusia seperti sikap, minat, atau nilai dan perubahan kemampuan, yakni perningkatan kemampuan melakukan pragaan agar proses belajar berlangsung secara efektif.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dalam konteks revolusi belajar (Peter Kline, dikutip oleh Gordon Dryden and Jannette Vos, 199) ditegaskan bahwa belajar akan efektif jika dilakukab dalam suasana yang menyenangkan (Joyful, Fun), sehingga siswa dapat mengaktualisasikan dan mendayagunakan potensi yang dimiliki seoptimal mungkin (Widodo, Gatot Parasid Nugroho, 2004:1). Pengembangan kemampuan siswa dalam bidang SAINS merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dan memasuki dunia tekonologi, termasuk teknologi informasi.(Kurikulum 2004, Diknas 2003). More….


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar